Berawal dari rasa penasaran beberapa bulan yang lalu ketika habis ngeBolang hunting foto bertema human interest dibilangan Jakarta Kota, tepatnya di Stasiun Juanda, Jakarta, Indonesia. Mata ini melihat 1 counter (Kiosk) yang agak mencolok mata, penuh kaca transparan dengan sedikit tulisan berwarna hijau mengundang saya tuk mendekat melihat apa itu sebenarnya, tempat apa itu ya..

IxoBox itu lah yang tertulis dan terbaca dengan motto “Modern Haircut Stylish”, terjawab sudah rasa penasaran itu adalah hanya sebuah tempat cukur rambut.

Hari berganti bulan, tepatnya hari ini (akhir bulan juni), dari pagi sudah pegang rambut yang mulai panjang harus segera cukur, namun berhubung bulan puasa potong rambut disiang hari bikin makruh ibadahnya menurut orang-orang. Entah kenapa langsung teringat ixobox, dan benar saja langsung pasang niat, “selepas pulang kerja, pas buka harus cukur rambut di sana (ixobox stasiun juanda)”.

Kenapa harus repot-repot ke stasiun juanda, kenapa ga ke salon/cukur rambut yang ada dimall dekat kantor saja. Ya itu tadi, penasaran akan ixobox yang konon katanya mencukur tanpa air (basah) tapi higienis bersih dan yang paling penting dapat sisir cuy..hehe

Benar saja selepas jam kantor, kaki langsung meluncur dari bilangan palmerah menuju Stasiun juanda. Tepat pukul 18. 50 sudah mengantri cukur rambut. Kali pertama datang ke sini, hanya berbekal informasi dari internet tata cara cukur rambut disini serasa sudah berpengalaman & sering cukur disini.

Awalnya hanya perlu membayar sebesar Rp. 50.000 melalui mesin Kiosk lalu akan mendapat nomor antrian (tiket), ya di ixobox tidak menerapkan kasir, tapi menggunakan sebuah mesin pengganti kasir, yang mana sebenarnya mesin itu sekaligus pencatat keuntungan yang real time bisa dilihat dari mana saja oleh sang owner.

2016_06_30_IMG_0805

(Tiket Antrian)

Tiket antrian sudah didapat, sambil menunggu dipanggil cukur, mata ini tidak pernah berhenti melihat sekeliling isi ixobox ini, kios berukuran sedang berisi 4 box cukur dimana hanya ada 2 kapster (tukang cukur AKA penata rambut), hasil bertanya ke mba penata rambut .

Ok tiba waktunya dicukur, sebelum duduk mba penata rambut membuka lemari, rupanya disediakan tempat untuk meletakan barang pribadi selama cukur. Oya, semua peralatan disini higienis dan bersih. Kenapa bisa begitu? ya benar, ixobox menerapkan konsep modern haircut yang bersih dan higiesnis serta modern, terbukti setelah selesai mencukur, semua peralatan dibersihkan dengan antiseptik dan dimasukan ke kotak sterilisasi mirip kotak open.

Semenit, dua menit sampai akhirnya ga kurang dari 45 menit rambut sudah rapi dan siap kembali pulang/beraktifitas. Woow ko bisa, gimana dengan problematika sisa-sisa rambut yang suka menempel saat selesai cukur. Ternyata ixobox menerapkan HairAir yaitu sedot (vakum) sisa rambut yang ada di kepala, baju. Itulah yang membuat kita (customer) selesai cukur bisa langsung beraktifitas. Contoh saya sendiri, selesai cukur langsung pulang dengan rambut baru tanpa merasa gatel karna sisa rambut cukur, seperti inilah, abis cukur langsung naik KRL pulang ke Bekasi, ini hasilnya “jidat lebar”.

2016_06_30_IMG_0808

(mirip MasPia)

Singkat kata, ixobox merupakan tempat cukur rambut yang menerapkan konsep modern, higienist, bersih, tanpa air (Water/basah). Perpaduan yang apik antara system teknologi & konsep bisnis cukur rambut terbukti ampun dan menarik tuk dicoba.