Loop in Query SQL

Beginilah kalo lagi mumet & bosan.. apa aja dikerjain termasuk ngutak – atik database.. Akibatnya jadi ingat persoalan teman sekantor yang tempo hari bertanya berikut cuplikan na

Teman : “Bro, bisa ga nambahin autoIncrement ke data yang sudah ada..?”

Sya : “Maksudnya gimana, ga mudeng gw..?” (maklum masih jam 8.30 pagi dah ditanya yg aneh – aneh ditambah belum sarapan..jd blum konek.. :D)

Teman : “Jadi gini bro, Gw kan udah ada data, trus mo gw tambahin angka di data tersebut secara Autoincrement”, contoh na kaya gini..

Data yang sudah ada Peserta, Buku, Siswa, Tahun …bla..bla, nah mo gw tambahin jadi Peserta1, Buku2, Siswa3, Tahun4 … Data-n..

Saya : “Oh, begitu..Ya, tinggal u bikin aja di syntak programnya pake for aja..bereskan”

Teman : “Bukan pake syntak program, tp langsung dari SQL Querynya” (Pake Nada Kesel & jengkel)

Saya : “hmm, bentar..” (mikir sejenak + sambil dengerin lagu Seether – Walk Away From The Sun).. “Ok, bisa tunggu 2 menit lg ya, gw kasih contoh na”

Akhirnya sambil dengerin lagu itu, mikir gimana nih cara na Looping di SQL tanpa pake Prosedure or yg lain… walhasil utak-atik jadi deh contohnya, trus dikasih dah tuh contohnya..beres perkara..

Berikut Contoh Loop SQL :

SET @i:=0;
SELECT @i:=@i+1 AS AliasField FROM tb_tabel

Penerapannya :

SET @i:=0;
SELECT CONCAT("Data Ke ",@i:=@i+1) AS Keterangan, DATA  FROM tb_nilai  

Hasilnya :

Keterangan                   Data

Data Ke 1                      Agus

Data Ke 2                     Budi

Data Ke 3                     Catur

Data Ke 4                     Deni

Data Ke 5                     Eka

Kira-kira itu hasil ngutak-atik dipagi hari..

 

Semoga bermanfaat..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s