Gambas on Maverick

Gambas on Maverick

Gambas..Apa itu..?

Bagi para programmer desktop under linux pasti sudah mengenal si Gambas ini, Gambas yang berasal dari bahasa spanyol berarti “udang” merupakan sebuah tool develop under linux berbahasa BASIC berbasis grafik (visual), Bisa dikatakan kalau gambas ini merupakan VB-nya Linux. ya memang ada sebuah kalimat yg permah penulis tangkap dari seorang pakar Praktisi IT, Beliau berkata “Apa yang ada di Jendela (Wind*s), pasti ada di Linux, Tp apa yang ada di Linux belum tentu ada di Jendela (Wind*s)”.

Gambas memang terdengar asing atau bahkan jarang didengar, Gambas sudah lama hadiir dan saat ini, gambas sudah sampai versi 2.23, dan yang penulis gunakan versi 2.21, hasil nyomot dari Ubuntu Software Center (USC). Banyak yang berkata, “Instal gambas susah, harus dari command line”, hal itu bisa dipatahkan, sebab penulis sendiri sudah menginstal Gambas dimesin (OS) yang sama namun beda versi Ubuntu 10.04 dan 10.10.

Adapun cara menginstal Gambas sebagai berikut, (penulis menggunakan Linux Ubuntu 10.10 *Maverick*)

  1. Masuk ke terminal sebagai user selevel administrator
  2. Ketik “APT-GET INSTALL Gambas2”
  3. Tunggu sampai selesai *Penulis melakukannya midNight – sampai subuh maklum cm modal USB Modem traffik rada lemot, sekitar 54MB*.
  4. Setelah selesai, buka menu Applications -> Programming -> Gambas, atau ketik “Gambas” di dalam terminal.
  5. Gambas siap digunakan..

atau kalau tidak mau repot ketak-ketik diterminal, bisa masuk ke appnr.com bagian development lalu cari gambas dan klik install (khusus Ubuntu) Appnr.com, untuk Linux versi lain sepertinya ada, tp penulis tidak begitu hafal URLnya.. coba tanya Om Google, sapa tau beliau bs beri wangsit.. 😀

Berikut hasil Capturenya..

Selamat mencoba

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s