Tidak Teliti Pilih Modem 3G

Mungkin buat sebagian orang yang sudah tahu, pasti tidak akan terpengaruh dengan hal tersebut. Hal ini terjadi dikarenakan pemakai tidak jeli dalam memilih sebuah produk Modem 3G, hanya berdasarkan rekomendasi dari sang penjual..

Awal Permasalahannya Begini, suatu hari saat sedang rehat dirumah setelah seminggu bekerja, tiba-tiba saya kedatangan 2 orang tamu yang kebetulan mereka tetangga saya (dirumah saya dikenal dengan orang yang bisa perbaikin masalah komputer, walau saya tidak pernah memperlihatkan pada semua, hanya sekedar membantu saja. Toh masih ada yang lebih pintar di sekitar rumah, tp entah kenapa mereka percaya dengan saya..) itu awal kenapa saya di mintakan tolong oleh para tetangga yang mengalami kerusakan komputer.

Lanjut kecerita lagi, begitu saya temui ternyata Pak Pos nama keren nya di komplek karna bekerja di PT POS padahal namanya Bambang.. bersama 1 orang yang belum saya kenal, maklum suka pulang malam, jadi jarang sosialisasi..Pak Bambang merekomendasikan saya ke Doni (orang yang baru saya lihat itu) kalau ada masalah komputer..

Lalu si Doni bercerita masalahnya, yaitu sepele, tidak bisa Online dengan  modem nya (dalam otak berpikir, “akh paling settingan user n Password yg salah”), lalu saya jawab ya sudah nanti selepas magrib saya kesana (kebetulan dirumah sedang kosong tidak ada orang)

Selepas Magrib, saya pun meluncur ke tempat si Doni tersebut..Saya coba minta di jelaskan lagi permasalahannya..

Ternyata, Doni membeli Modem 3G karna ingin Internetan, melihat Tya (tetangga saya juga yang cantik dan masih kuliah di Akper yang saya bantuin pasang Internet pakai modem 3G) , ok saya bisa lihat Modem n kartunya..

Ternyata Doni membeli Modem 3G tapi saya tidak menanyakan sudah dengan kartu perdananya apa belum..Dan saya bertanya sudah ada kartunya, lalu di jawab Sudah, Ok saya test dulu ya..

Setelah saya cek Kok settingannya berbeda..tidak seperti Mobile Partner atau aplikasi Mobile yang lain, aplikasi yang dipakai bernama “Kanguru”..Aneh Padahal Modem nya merk Huawei E220, tapi kenapa Kanguru ya..

Lalu saya tanya ini pake kartu apa, Flash, XL atau IM2, lalu di jawab IM3, spontan dalam hati ngedumel “Kenapa ga sekalian beli Kartunya”,  Lalu saya jelaskan, Sepertinya Kartunya tidak Cocok..Coba Beli Kartu yang Khusus untuk Modem 3G.

Lalu doni berkata, Ya sudah mas tolong nitip dulu dan sekalian di Settingkan, Ya sudah, jawab saya..saya pulang sambil Membawa modemnya untuk uji coba sekalian testing..

Setelah mendapatkan kartunya saya memakai IM2 karna saya lebih nyaman pakai IM2 dan sudah sering saya menyetingnya..Setelah Aktifasi, lalu saya coba setting di Modem nya, kok tidak Bisa..hampir putus asa, akhirnya saya kontak CS (Customer Service) IM2, dijelaskan panjang lebar sampai akhirnya sang CS bernama Opik bertanya Bapak pakai aplikasi apa? “Kanguru, Aplikasi Bawaan dari Modem 3G Huawei E220” jawab saya dan Sang CS kaget, Wah pak Kami belum pernah mendengar Aplikasi tersebut, lalu saya disarankan untuk mencari aplikasi Mobile Partner or Mobile Connect bawaan dari Modem Huawei E220..

Lantas saya selesaikan pembicaraan dan pergi ke warnet, kebetulan sedang berada di kawasan kemang Bekasi (sedang bantu teman yang lagi bikin Tugas Akhir/Skripsi) dan berhasil mendapatkan semuanya..

Tanpa basa basi langsung saya Instal di Laptop Tectra 9100 yang saya bawa kemana-mana, alhasil ga lebih dari 5 menit..sambungan Internet bisa n Lancar..

Gampang sekali dalam hati berkata..

Lalu saya berkesimpulan, Ternyata tidak semua Aplikasi bisa untuk melakukan dialup ke internet dengan Modem 3G nya.

Dari Cerita Real ini dapat diambil hikmah nya.. Yaitu teliti lah membeli produk, apalagi Produk elektronik berupa barang IT, Bagaimana Tidak, Kemasan Bermerkkan Vendor Terkenal Vodafone dengan Hardware Huawei E220 Tetapi Software Bawaan sangat asing yaitu “kanguru” sangat kurang lazim dipasaran dan agak susah untuk melakukan settingan Koneksi..

Jadi Terpaksa mencari aplikasi lainnya yang sesuai petunjuk yang ada..

Pelajaran Buat yang lain, Berhati-hati lah kalau membeli produk Modem, jangan sampai tidak bisa konek ke internet gara-gara salah aplikasi/aplikasi tidak sesuai dengan Petunjuk..

Dan Mintalah Bantuan atau pendampingan pada yang ahli dalam memilih produk-produk IT (saya sendiri belum begitu ahli dalam memilih), sayang kan kalau sampai beli mahal-mahal tidak berguna..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s