PC bisa jalanin Java HP, Kenapa tidak…

Jaman sekarang Teknologi sudah mulai berkembang pesat, bahkan lebih pesat dari yang diperkirakan, salah satunya dunia pemrograman dan hardware setiap hari selalu ada pembaharuan…

Java, merupakan aplikasi pemrogaman yang bisa berjalan disemua platform komputer baik Windows, LInux, MacOs atau Unix dan lainnya, bahkan alat komunikasi sekalipun seperti HP ( telepon genggam), membangun komunitas sendiri merupakan sebuah wadah yang menarik..

Iseng-iseng lagi nyari software awalnya cuma mo cari MidletPascal buat bikin aplkasi java lewat Pascal ehh…ketemu sesuatu yang lumayan bagus buat dipake, yaitu emulator java, yaitu aplikasi yang bisa jalankan program-program java yang ada di HP, seperti Games dan aplikasi java lainnya (chat), sjBoy namanya, aplikasi ini kecil ukurannya tapi lumayan bagus n ringan buat dijalaninnya,

Sebelum menggunakannnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti
1. sJBoy harus udah ada, kalo belum silakan download atau ambil diBox sebelah kanan
2. Instal Sjboy, sampai selesai
3. Coba cari file aplikasi HP berbasis Java, disini saya mencontohkan mig33.jar aplikasi chat yang udah dikenal pengguna HP seluruh indonesia bahkan Dunia (barang Kali), hehehe.
4. klik kanan aplikasi javanya, pilih open with > Sjboy..
5. Nah kalo udah nongol Nokia N70 trus muncul aplikasinya berarti udah bisa di pake tuh….

Sekedar informasi, aplikasi ini juga bisa digunakan buat ngetest aplikasi java yang mau dimasukin ke HP,trus emulatornya jg bukan cuma buat N70,tapi bisa jg Nokia 3100, sony erricson, n motorola tentunya Perwakilan HP yang bisa Java.

Mudahkan, cuma berbekal software kurang dari 3 Mb dah bisa jalanin aplikasi HP berbasis java, n sebenernya kalo mo rajin bisa jg buat jalanin aplikasi berbasis symbian, tapi karna penulis kurang rajin jadi cukup lah dengan java saja dulu, kalo dengan symbian harus terlebih dahulu mengunduh emulator symbian dari nokia yang filenya lumayan besar kalo ga salah sekitar 90 Mb,itu yang penulis temui waktu mo mencoba mbuat aplikasi symbian.

Iklan

7 thoughts on “PC bisa jalanin Java HP, Kenapa tidak…

    • Betul mas…
      Maaf, sangking tergesa-gesa bikin judul sampai ga perhatikan tulisan yang benar…
      untung ada mas Lakone….hehe..
      Makasih banyak ya mas.. mas mang teliti…
      Kenapa ga jadi peneliti aja..hehehe

  1. ical saja berkata:

    sjboy ada versi terbaru ga? kalo ga, software lain semacemnya gitu. coz jalanin morange v5 pas lagi chating crash melulu…

    • crach itu biasanya disebabkan karna versi javanya sidah MIDP 2, sedangkan yang diSupport oleh SJBOY masih versi lama MIDP 1, kalo mau cari aja software emulator java lainnya, tp saya lupa nama softwarenya apa?
      hehe
      😀

    • betul, mas samsul..saya sendiri pun suka pake microemulator..cuma setiap aplikasi memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri…
      Tp menurut saya lebih enak pake microemulator, tp untuk microemulator harus menggunakan file JAD dan akan mencari file JAR nya…beda dengan SJBoy yang bisa langsung menjalankan file jar nya..dan pada beberapa file JAD ada yang perlu di edit bagian URL didalam file nya agar tidak error sewaktu memanggil file JAR..
      Btw thnk ya mas tas masukkannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s