Iseng-iseng berhadiah memang bermanfaat,…..hehehe
kenapa bisa begitu, ini terjadi waktu kemarin tepatnya (24-10-2008) lagi bingung (lupa) kode untuk hitung
usia berdasarkan tanggal lahir untuk ditampilkan dalam laporan di aplikasi yang dibuat dengan PHP.
Ok langsung aja…
Awalnya cuma butuh data yang diperlukan seperti tanggal yang akan dihitung tahunnya, dan yang pasti perlengkapan lainnya, PHP (wajib), Apache (harus) dan text editor (bebas)..

Sintaksnya mudah dan gampang ko cuma 15 baris, belum termasuk spasi antar baris…(hehehe)

Mulai :
1. Misalkan tanggal yang dihitung adalah 25-03-1985, kalo di kodenya ditulis 1985-03-25. awas jangan kebalik.
2. Pastikan Localhost dah jalan, kalo belum, sama aja bodong…
3. Buka teks editor kesukaan, disini saya pakai notepad++ V4.0.1 yang bisa di unduh di sini <http://notepad-plus.sourceforge.net&gt;
4. Ketik source code berikut :

<?
$hitunghari['awal'] = ‘1985-03-25′;
$hitunghari['akhir'] = date(‘Y-m-d’);
$lahir=$hitunghari['awal'];
$selisih = time () – strtotime ($lahir);
$tahun = floor ($selisih / 31536000);
$bulan = floor (($selisih % 31536000) / 2592000);
foreach ($hitunghari as $key => $val)
{
$hitunghari[$key] = strtotime ($val);
}
$hitunghari['selisih'] = $hitunghari['akhir'] – $hitunghari['awal'];
$hitunghari['selisih'] = number_format ($hitunghari['selisih'] / 86400, 2) . ‘ hari';
echo $tahun.’ Tahun – ‘.$bulan.’ Bulan – ‘.$hitunghari['selisih'];
?>
5. Trus disave di lokasi dokument php, kasih nama, misalnya : usia.php (apa aja boleh, asal *.php)
6. Buka browser favorit trus ketik http://localhost/namafolder/usia.php

Dijelaskan :
1. $hitunghari['awal'] = ‘1985-03-25′; merupakan variable hitunghari yang dijadikan array dan digunakan menyimpan data tanggal awal atau tanggal yang akan dicari usianya.
2. $hitunghari['akhir'] = date(‘Y-m-d’); sama seperti penjelasan no.1, tapi digunakan untuk menampung tanggal sekarang.
3. $lahir=$hitunghari['awal'];, variable lahir untuk menyimpan data tanggal lahir yang diambil dari variable hitunghari, boleh dipake boleh tidak.
4. $selisih = time () – strtotime($lahir);, variable selisih yang menampung hasil pengurangan detik sekarang dengan tahun yang dipakai. Nanti selisih ini akan dibawa untuk perhitungan berikutnya.
5. $tahun = floor($selisih/31536000);, membagi jumlah selisih dengan jumlah detik selama 1 tahun, disimpan dalam variable tahun.
6. $bulan = floor(($selisih % 31536000)/2592000); perhitungan bulan selama 1 tahun.
7. foreach ($hitunghari as $key => $val)…., perulangan hitung hari
8. $hitunghari['selisih'] = $hitunghari['akhir'] – $hitunghari['awal'];
$hitunghari['selisih'] = number_format ($hitunghari['selisih'] / 86400, 2) . ‘ hari';
Kedua perintah diatas untuk hitung lama hari lalu diubah ke dalam bentuk waktu dari bentuk string, terus
hasil perhitungan hari diubah jadi format angka.
9. echo $tahun.’ Tahun – ‘.$bulan.’ Bulan – ‘.$hitunghari['selisih'];, kalo yang ini ga sah dijelasin dah pada tahu pasti..

Nah… gampangkan.
Skrip ini masih bisa dikembangkan lagi, karena jumlah hari dari tahun yang diambil adalah tahun yang umum yaitu 365 hari, tapi tidak bermasalah kalo hanya untuk hitung usia tahun.

Bravo Source COde, Programmer dan IT Indonesia…
MERDEKA…..

Kritik, saran atau ada kesalahan silakan tinggalkan komentarnya..

About these ads